DECK LOAD CAPACITY ( DLC )


1.        Pengertian
DECK LOAD CAPACITY ( DLC ) adalah kemampuan suatu geladak untuk menahan beban muatan yang ada di atasnya, dinyatakan dalam Ton/ m2 atau LBS/feet2 Mengingat konstruksi bagian kapal disetiap tempat tidak sama, maka nilai DLC tersebut juga berlainan, misalnya di LOWER  HOLD ( palka bawah ), TWEEN DECKS ( geladak – geladak antara ) maupun di geladak atas atau  di atas tutup palka.
CONTAINER STACK LOAD CAPACITY adalah kemampuan 4 (empat) SHOES = sepatu pada geladak, yang mampu menahan unit – unit peti kemas (Container) di atasnya.

2.        Melindungi Kapal
        Prinsip utama penanganan muatan di atas kapal adalah melindungi muatan   ( TO PROTECT THE CARGO ), melindungi kapal ( TO PROTECT THE SHIP ), keselamatan ABK dan buruh ( SAFETY OF CREW AND LONGSHOREMEN ), muat / bongkar secara cepat dan sistematis ( RAPID AND SYSTEMATIC LOADING / DISCHARGING ) dan mencegah terjadinya ruang rugi ( TO AVOID BROKEN STOWAGE ).
Dalam upaya untuk melindungi kapal, jika akan memuat muatan berat ( HEAVEY LIFT CARGO ) harus memperhatikan DECK LOAD CAPACITY.


Comments

Popular posts from this blog

end of year

MAKA TERTAWALAH SEBELUM TERTAWA ITU DILARANG